Teknik Dasar Mossdef System

Teknik Mossdef System didasarkan pada pemindahan energi dan seperti tindakan bahan peledak. Serangan-serangannya adalah kuat, mematikan dan dirancang untuk efek yang maksimum ke daerah sasaran yang spesifik. Para praktisi Mossdef System dilatih untuk menjadi penuh kesadaran akan keadaan sekitar mereka yang penuh dengan potensi akan kekerasan, kejahatan dan konfrontasi. Seperti gaya beladiri lainnya, praktisi Mossdef System untuk level pemula praktik akan teknik tangkisan, pukulan, tendangan dan serangan tertentu yang bersamaan dengan gerakan bertahan untuk menangkap dan menyerang. Seperti belajar teknik melangkah, praktisi Mossdef System belajar teknik melangkah untuk melawan penyerbu dalam situasi jarak yang berbeda dari berbagai arah. Beberapa teknik juga diajarkan untuk menundukkan lawan. Pertarungan secara saling berhadapan dimulai dengan tingkatan ini, untuk membiasakan praktisi Mossdef System kepada "rasa" dari suatu serangan dan ancaman orang lain.

Latihan lanjutan mengajarkan pada teknik pegangan tambahan, seperti melepaskan diri dari pegangan orang lain. Pertahanan yang khusus, teknik menghentikan serangan adalah juga ditambahkan dalam kurikulum Mossdef System. Seperti juga para praktisi Mossdef System memperoleh keterampilan tambahan seperti pelatihan senjata mulai dari menggunakan pisau, tongkat, pentungan, ruyung, pedang, samurai dan lain-lain.

Alami tetapi mematikan dari Mossdef System diambil dari situasi kehidupan yang nyata. Mossdef System mengajarkan kepada para praktisi Mossdef System bagaimana cara menyelamatkan diri dan untuk mengatasi kekerasan dan kejahatan di jalanan umum yang nyata. Untuk bisa efektif di jalanan, Mossdef System tidak ada aturan dan pembatasan. Oleh karena itu, tidak ada kompetisi atau pertandingan olah raga dalam Mossdef System sebab Mossdef System dirancang untuk sebuah sistem pertahanan diri yang realistis terjadi dijalanan.

Para praktisi Mossdef System akan diajarkan pada sikap bertahan yang berlaku kepada berbagai ancaman serangan kejahatan yang terjadi di jalan yang nyata. Para praktisi Mossdef System berlatih dari suatu posisi yang sangat merugikan dan terjepit di dalam kehidupan yang nyata dan kecepatan yang nyata menuju pada sebuah kemenangan di jalanan yang nyata.

Membuat gerakan bertahan yang dikombinasikan dengan serangan balasan secara bersama dan secepat mungkin sampai semua potensi yang berbahaya hilang. Metode-metode pelatihan yang unik akan diterapkan dalam kurikulum Mossdef System yang memperkenalkan para praktisi Mossdef System pada kondisi dan situasi di jalanan yang kejam yang nyata. Ini sangat diperlukan guna menempatkan para praktisi Mossdef System di bawah tekanan ekstrim yang sedang melakukan teknik Mossdef System. Para praktisi Mossdef System belajar untuk meninggalkan sikap pasif kepada suatu keadaan menjadi sikap agresif dengan cepat. Mossdef System juga mengajarkan kepada para praktisi Mossdef System untuk berfungsi dengan membagi perhatian mereka, selagi badan dalam kondisi lelah. Dan ketika para praktisi Mossdef System berhadapan dengan banyak serangan secara spontan.